MENDIKNAS: SIAPKAN INTERNET MASSAL DI SEKOLAH

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan salah satu program 100 hari Depdiknas adalah penyediaan fasilitas internet massal. (http://www.kapanlagi.com/h/mendiknas-siapkan-fasilitas-internet-massal-di-sekolah.html)

P1050723

“Program pertama yaitu penyediaan internet secara massal di sekolah,” kata Mendiknas pada jumpa pers di kantor Depdiknas, Jakarta.

Program lainnya yaitu penguatan kemampuan kepala dan pengawasan sekolah, beasiswa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) untuk siswa SMA/SMK/MA berprestasi dan kurang mampu, penyusunan kebijakan khusus bagi guru yang bertugas di daerah terdepan dan terpencil.

Program selanjutnya yaitu penyusunan dan penyempurnaan Rencana Strategis 2010 – 2014, pengembangan budaya dan karakter bangsa, pengembangan metodologi belajar mengajar dan peta jalan sinergi lembaga pendidikan (Depdiknas – Depag) dengan pengguna lulusan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan.

Nuh mengatakan delapan program 100 hari berdasarkan isu strategis antara lain peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah, keterjangkuan pendidikan berkualitas baik secara geografis maupun ekonomis, meminimalkan diskriminasi pendidikan, pendidikan tinggi yang menjawab tantangan global, reformasi birokrasi pendidikan.

Mengenai penyediaan internet massal di sekolah, Nuh mengatakan ada sekitar 17.500 sekolah yang ditargetkan dipasang internet sampai Januari 2010.

Depdiknas tidak akan membedakan sekolah yang akan diberikan fasilitas internet.

“Kita tidak akan membatasi sekolah yang akan dipasang internet, dari sekolah negeri sampai sekolah swasta, sekolah umum sampai sekolah keagamaan,” katanya.

Mendiknas menegaskan kebijakan pendidikan tidak akan mendiskriminasikan pendidikan dengan apapun seperti status sosial, letak geografis maupun jenis pendidikan.

Pada program kedua, ada sekitar 30.000 kepala dan pengawas sekolah yang akan ditingkatkan kemampuan dan kualitasnya sampai Januari 2010.

Depdiknas juga akan memberikan beasiswa kepada 20.000 siswa SMA/SMK/MA dan mahasiswa berprestasi dan kurang mampu pada tahun akademik 2010/2011.

Untuk program keempat, Nuh mengatakan pihaknya akan mengundang kepala-kepada dinas pendidikan dari berbagai daerah terpencil dari seluruh Indonesia untuk memetakan kebutuhan guru di daerah tersebut.

“Senin (9/11) kita undang kepala-kepala dinas terutama dari daerah perbatasan untuk bahas jumlah pendidik yang dibutuhkan,” katanya.

Mengenai program peta jalan sinergi lembaga pendidikan, merupakan program unggulan Depdiknas yang pelaksanaannya akan langsung dipantau oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (ant/cax)

Explore posts in the same categories: Teknologi Penddidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: